Pages

Wednesday, November 18, 2015

Cara Budidaya Tanaman Hias Kantong Semar

Cara Budidaya Tanaman Hias Kantong Semar – Nepenthes atau yang biasa disebut dengan kantong semar ialah tanaman yang mempunyai bentuk sangat menarik serta unik. Kantong semar biasanya di gunakan untuk hiasan rumah. Salah satu keunikan dari tanakan ini ialah memiliki kantong yang mampu menangkap serangga. Serangga ini juga bisa dijadikan sebagai nutrisi tanaman. Harga tanaman ini memang cukup bagus, oleh sebab itu pembudidayaannya juga sangat diminati. Jika Anda berminat, Anda bisa melakukan pembudidayaan kantong semar.
1
Media tanam
Media kantong semar ini seperti tanah ataupun sekam bakar yang sangat lembab. Media penanaman tidak perlu terlalu padat namun juga tidak boleh kelebihan air atau mengalami kekeringan. Media yang digunakan dengan menyampurkan media seperti cocopeat serta sekam bakar. Perbandingannya 1:1. Namun agar mendapatkan hasil yang lebih baik, Anda bisa menaruh tanaman ini di tempat yang memiliki 50 hingga 80 persen paparan sinar matahari.
Stek batang
Selain Anda bisa membeli biji, jika ingin memperbanyak tanaman ini, Anda bisa menggunakan stek batang, dan untuk melakukannya terlebih dahulu Anda harus melakukan pemilihan induk tanaman. Induk tanaman yang dipilih memiliki umur kurang lebih 1 tahun, dengan tinggi minimal 1 meter. Setelah Anda menemukan indukan yang baik, Anda bisa memotong batangnya sekitar 15 cm. Setelah melakukan pemotongan helai daun, Anda bisa mengurangi penguapan. Potong ujung untuk mempermudah pangkal stek agar masuk ke media.
Nutrisi tanaman
Mungkin kantong semar memang sedikit berbeda dengan berbagai tanaman lainnya. Jika tanaman lain memerlukan pupuk yang sangat berlimpah, tanaman ini yang merupakan tanaman karnivora bisa mendapatkan berbagai asupan nutrisi dari serangga yang mereka dapatkan. Biasanya di dalam kantong ini membutuhkan fosfor, garam, nitrogen ataupun kalium. Kantong semar memperoleh segala asupan gizi ini dari serangga yang terjebak di dalam kantong. Zat nitrogen serta zat yang lainnya ini yang biasanya menjadi nutrisi untuk kelangsungan hidup dari kantong semar.
Pemilihan jenis
Kantong semar tidak hanya memiliki sebuah jenis. Tanaman ini memiliki kurang lebih 130 spesi
Setelah melakukan penanaman, Anda perlu melakukan perawatan kantong semar. Seperti:es. Spesies yang sangat sering dikembangkan seperti Mirabilis, Nepenthes Gracilis, Reinwartiana. Spesies ini sangat sering dikembangkan dikarenakan memiliki warna serta bentuk yang sangat menarik, jika di bandingkan dengan berbagai jenis lainnya.
Merawat kantong semar
  • Hindarkan tanaman dari paparan sinar matahari yang terlalu banyak,
  • Sirami secara teratur, jangan biarkan media terlalu kering dan jangan biarkan media terlalu basah,
  • Taruh di dalam pot yang berukuran sedang, saat pembibitan, Anda bisa menaruhnya di polybag kemudian ketika tanaman mulai tumbuh, Anda bisa memindahkannya di dalam pot yang berukuran sedang. Pemindahan ke dalam pot saat tanaman telah memiliki 3 hingga 4 daun.